Ummurifqi

Catatan Harianku

Pepes Tongkol Suroboyoan

Posted by ummurifqi pada Oktober 15, 2008

Dari resepnya mba lia dengan sedikit dimodifikasi….kebayang gimana pedesnya kalo pake cabe seons…mana tahan pedesnyaaa….tapi ada sedikit kecelakaan…pas udah dikukus…waaaa…..tomatnya ketinggalan….hi hi…tapi tetep lezat kok…apalagi kalo ada tomatnya ya…kalo ga pedes berarti ngga suroboyoan yak….he he..kalo pingin yang bener2 suroboyoan pake deh resep yang disini….


Bahan:

ikan tongkol putih 3 ekor

kemangi 1 ikat, ambil daunnya

tomat separo, diiris-iris (biar lebih maknyus)jangan ampe lupa ya….

Bumbu halus:

cabe merah 7biji

bawang putih 3 siung

daun jeruk 2 lembar, buang tulangnya

laos secukupnya

garam secukupnya

air asam 1/2 sdm

Cara:

Aduk ikan,kemangi, tomat dan bumbu halus.
Siapkan 2-3 lembar daun pisang lebar 15cm, letakkan beberapa sendok adonan di satu sisi, gulung & semat ujung2nya dengan lidi.
Kukus 20 menit.
Transfer ke cobek yang udah dipanaskan diatas kompor, panggang dengan api sedang sambil sesekali dibolak-balik hingga daun bagian luarnya agak hangus, angkat & sajikan dengan nasi hangat. (kalo aq pake wajan yang ga dipake lagi, habis…cobeknya disini dari batu…beraaaat….)

About these ads

4 Tanggapan to “Pepes Tongkol Suroboyoan”

  1. [...] Pepes Tongkol Suroboyoan October 16, 2008 8:57 am admin Dari Blogger – Agreegator Dari http://ummurifqi.wordpress.com/2008/10/15/pepes-tongkol-suroboyoan/ [...]

  2. wanti berkata

    Lho Mbak, pepesnya gak dikukus, tapi dibakar ya. Kalo dikukus gimana?

  3. ummurifqi berkata

    ###to Wanti…
    Dikukus juga kok…baru dibakar…
    sampean kurang teliti bacanya he he

  4. ema haeroni berkata

    Hem kesukaanq

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: