Ummurifqi

Catatan Harianku

Sate Ayam Maknyus

Posted by ummurifqi pada Oktober 24, 2008

Setelah baca postingannya mba rina rinso tentang sate ayam ponorogo pak Tukri, jadi kepingin juga bikin sate ayam… bikin pertama kalinya pas lebaran kemarin…tapi lupa ga kepoto…jadinya ga jadi posting…saking semangatnya makan sateย ๐Ÿ™‚ sekeluarga emang penggemar sate….apalagi si rifqi…tapi pernah saya beli sate kambing…jauh sana diujung timur๐Ÿ™‚ …dalam perjalanan pulangย  sudah kebayang lezatnya makan sate kambing bumbu kacang…kebayang sate kambingnya pak ali๐Ÿ™‚ Nasi sepiring bakalan habis nih…eh pas nyampe rumah….haaa…kok kayak gini satenya…masih mentah sodara-sodara…(kata abi sih…bukannya mentah…standar umi sama penjualnya aja yang beda) Halah…abi mah…kalo rifqi sih tanpa babibu…langsung aja diembat…tapi uminya yang was-was ..secara dagingnya masih alot…akhirnya dipanggang lagi pake teflon…lahh…sudah berubah rasa satenya…kok baru pertama kali ini ya kecewa banget…. Nah…ini intinya…sate ayam ala pak tukri ini emang maknyus………empyuuukk…ย ๐Ÿ™‚

Ga keras, ga mentah….ga beda kok ama sate ayam pak ali…resep dari sononya ga ada ukurannya jadi ya diukur-ukur sendiri…ย ย ๐Ÿ™‚ Ini juga hampir aja lupa ga ke poto…sudah pegang nasi masing2….

Bahan:

# ayam 1 kg, pisahkan kulit dan dagingnya.

#potong-potong dagingnya kemudian rendam dalam bumbu rendaman, simpan dikulkas kurleb 2jam.

Bumbu rendaman: (dihaluskan ya)

  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Ketumbar
  • Jintan
  • Lengkuas
  • Kemiri
  • Gula merah
  • Garam

Selama proses membakar ayam dicelup ke dalam larutan air gula merah

(Kalo versi saya pakai ini…)

Bahan olesan:

* kulit ayam secukupnya

* merica , bawang merah, bawang putih(dihaluskan) tambahkan gula merah, garam, kecap

Cara:

#tumis bumbu halus, masukkan kulit ayam, bubuhi gula merah,garam,kecap.

#tuangi air secukupnya,masak sampai berminyak dengan api kecil.

Bumbu kacang: (disesuaikan dengan banyaknya ayam,Resep ini kemungkinan porsi jualannya pak Tukri....)

  • 5 kg kacang tanah, kupas, sangrai
  • 4 ons cabe merah besar
  • 6 ons gula merah
  • 2 sdm garam

Saya pake resep yang ini. tapi lupa sumbernya dari mana…maap ya buat yang punya resep๐Ÿ™‚ #50 gr kacang tanah goreng

#3 buah cabe merah

#gula jawa

#75cc air matang

#3 sdm kecap manis

# 4 butir bawang merah, diiris tipis, goreng. buat taburan.

Cara: haluskan semua bahan, rebus sampai mendidih.

Bumbu kecap:

#cabe rawit,tomat,bawang merah (di iris2) ditambah kecap manis….

TIPS dari tukang satenya (abi maksudnya)๐Ÿ™‚

#pembakaran pertama tanpa olesan.(duh..gimana ya bahasanya..muda2an dimengerti yah..) #ulangi lagi dengan dioles bahan olesan beberapa kali. (semakin banyak makin maknyus..) #Siap dihidangkan……:)

11 Tanggapan to “Sate Ayam Maknyus”

  1. putri said

    Assalammu’alaikum,salam kenal๐Ÿ™‚
    Kunjungan balik nih ummu, terima kasih sudah berkunjung.
    Blognya saya link, boleh ya..*ma’af baru bilang. Saya lagi belajar masak nih. Terima kasih sekali lagi.

    ============================

    Wa’alaikumsalam….
    salam kenal juga…silahkan aja mba…
    Saya juga lagi belajar kok
    ๐Ÿ™‚

  2. […] Sate Ayam Maknyus October 24, 2008 10:11 pm admin Dari Blogger – Agreegator Dari https://ummurifqi.wordpress.com/2008/10/24/sate-ayam-maknyus/ […]

  3. yannie said

    Wah boleh dicoba tuh…Kalo bakarnya pake oven…apa rasanya masih sama dengan yang dibakar?…

    =======================

    Yuk dicoba….ga bakalan nyesel ๐Ÿ™‚
    kemungkinan lain kali yah

  4. Hmm.. jd pingin makan sate๐Ÿ˜‰ …
    Resepnya komplit ^^.. O,y Sate Pak Tukri adanya dimana Ummi? Batam atau Ponorogo?

    =======================

    Sate pak tukri yang diponorogo….
    yang dibatam sate pak ali
    ๐Ÿ™‚

  5. rhainy said

    um…aku suka sate ayam…tapi semenjak isu flu burung merebak..gak pernah beli lagi …takut gak mateng…hehehe…
    Supaya mateng, dipotongnya kecil2 banget kali ya um??
    um…gimana caranya buat siomay? tapi bukan siomay yang ditukang2 biasa itu um…tapi siomay yang di dimsum..yang diatasnya biasanya dikasih titik merah..trs bumbunya bukan bumbu kacang tapi bumbu sambal..(binun ya um?…aku juga binun nih ngomongnya gimana hehehe…)
    Makasih banyak ya um….

    =================================

    Saya juga was-was kalau beli sate…tapi kalau bikin sendiri kan dibikin sematang mungkin๐Ÿ™‚
    Kalau masih mentah, dibakar ulang lagi….kan ga buru2…๐Ÿ™‚
    Waduh.. sory ya kok baru denger ini ya siomay yang kayak gitu …
    makasih mba dah mampir….sering-sering ya ๐Ÿ™‚

  6. Nin said

    Nampaknya lezat ya….

    ================

    Tentu saja ๐Ÿ™‚

  7. yulism said

    Setiap kali saya membuat sate ayam atau kambing hasilnya selalu mengecewakan. Ga pernah bisa seperti sate di Indo. Apakah pengaruh jika saya bakar diatas grill berbahan gas bukan arang? jadi ga pernah bikin lagi mbak .. ๐Ÿ˜ฆ . thanks

    =================================
    Mungkin pengaruh juga …ayo pulang ke indo…
    bikin sate rame-rame ๐Ÿ™‚ Thank atas kunjungannya…

  8. vaepink said

    Jadi inget sate buatan ibu dirumah… hick hick…
    Didepan Kompleks Perumahanku enggak enak ummi…๐Ÿ˜ฆ

    ==================================

    Bikin sendiri aja…๐Ÿ™‚

  9. umi rina said

    Waah… mauuu satenya…. *slurp*…
    Kapan2 aku contek ya resepnya…๐Ÿ˜‰

    ================================

    Silahkan aja mba…ini juga hasil contekan ๐Ÿ™‚

  10. mataharicinta said

    bunda, liat satenya kayanya enak banget ya.
    sampe berliur ini.

    tapi kalo pas messhall a.ka dapur udah masak begini, kok neng selalu ilang selera ya. kebiasaan makan seafood sama daging bikin selera makan neng cepet nguap.
    banyak makanan aneka ragam, neng malah milih indomi rebus.

    kok bisa ya bun?
    ==================================

    Kok bisa ya? … malah balik nanya ๐Ÿ™‚

  11. ummu thanks atas infonya,,…ni aku mau jualan sate.tap bukan orang ponorogo doakan sukses ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: