Ummurifqi

Catatan Harianku

Opor Ayam

Posted by ummurifqi pada November 3, 2008

Biasanya opor ayam identik dengan lebaran…

sudah lama pingin nyoba resep dari ncc ini….

ternyata baru sekarang kesampaian……

Berhubung saya kurang suka santan kental

maka saya ganti santan encer…..

Opor Ayam

by ncc

Bahan:

1 ekor  ayam, potong 12 bagian.
1 bh     jeruk nipis, ambil airnya.
1 ltr      air
400 ml  santan kental instant

Bumbu dihaluskan:
2 ruas   jahe
2 ruas   lengkuas
2 ruas   kunyit
1 sdt     lada butiran
2 sdm   ketumbar, sangrai
½ sdt    jintan
3 btr     kemiri
10 bh   bawang merah
5 bh     bawang putih
1 sdt     garam

Rempah daun:
2 btg    sereh, pukul
2 lbr     daun salam
5 lbr     daun jeruk purut.

Cara membuat:

  1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis, sisihkan. Rebus air hingga mendidih, masukkan ayam, biarkan air mendidih lagi dan ayam matang, masukkan semua rempah daun.
  2. Sementra itu, panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan kedalam panci berisi ayam rebus, aduk rata.
  3. Tuang santan kental, aduk, didihkan. Uji cicip, bila garam sudah pas, angkat.
  4. Sajikan dengan taburan bawang merah goreng.

5 Tanggapan to “Opor Ayam”

  1. UchiE said

    Alhamdulillah kabar baik Mbak..
    Syukron..

    Opor ayam..
    Mmmm…

  2. UchiE said

    Jadi pengen nyicip masakan Mbak..
    He he..
    ============================

    Silahkan dicicip ya ci... 🙂

  3. ven said

    Assalamu’alaykum ummirifqi…

    salam kenal…maaf br bisa kunjungan balasan skrng..

    ikutan NCC juga thoo…sama dunk…cm aku pasif…

    duuhh enyak nih opornya…kirimin aku dunk heheh
    ============================

    Wa’alaikumsalam….

    Salam kenal juga mba…Saya bukan anggota ncc tapi suka nyontek resepnya…🙂

    dulu pernah daftar tapi gagal…belum coba lagi…resep ncc uenak2 kok memang…

    Kemarin mampir batam ga?…

  4. Nin said

    makannya pake ketupat ya…

    ======================

    Pake nasi biasa mba…
    kebetulan suami kurang suka ama ketupat…

  5. siwi said

    Saya suka masak opor ayam, tapi ga pake bumbu yang diulek2 gitu. Cuma beli ayam sama bumbu instan trus langsung dimasukin dan jadi deh hehe..
    Tapi lain kali pingin nyoba juga sih pake bumbu buatan sendiri, pastinya lebih sehat dan segar dibandingkan bumbu instan🙂

    ===========================

    Betul…betul..betul.. (gaya si ipin ) 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: