Ummurifqi

Catatan Harianku

Homemade sarden

Posted by ummurifqi pada Maret 6, 2009

homemade-sarden

Asli copas dari mba lia (dapurgue)……..


HOMEMADE SARDEN
Bahan:

500 gr ikan segar jenis sarden/salem/tongkol/mackerel, bersihkan & potong2 sesue slera (kalo kecil biarin utuh ye..)
2 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam
6 butir bawang merah, jadiin bawang goreng
4 siung bawang putih, jadiin bawang putih goreng
5 sdm saus tomat
2 sdm margarin
Saus:
3 buah tomat masak, iris kasar
3 buah cabe merah, buang bijinya & iris kasar
3 siung bawang putih, geprak
3 sdm minyak goreng
2 sdt garam /sesue slera
2 sdm gula pasir /sesue slera
150 ml air matang
Cara:
Buang kepala & isi perut ikan, bersihkan badannya & cuci sampe bersih.
Lumuri ikan dengan air jeruk & garam, diamkan 15 menit di kulkas lalu bilas & tiriskan.
Aduk ikan bersama bawang merah+putih goreng, masukin dalam panci presto, sisihkan.
Saus:
Panasin minyak & tumis bawang putih sampe wangi.
Masukin cabe & tomat, aduk & tumis sampe setengah matang.
Tuangi air, tambahkan garam & gula. Tutup rapat & masak dengan api kecil 3 menit, angkat & dinginkan. Tambahkan saus tomat, aduk rata lalu blender sampe halus.
Penyelesaian:
Tuang saus kedalam panci berisi ikan, tambahkan margarin. Tutup & proses selama 10 menit terhitung dari waktu berdesis (ato 30-40 menit kalo pengen tulangnya sampe empuk, tergantung gedenya ikan).
Matikan api, diamkan 2-3 menit ato sampe pressure-nya habis, buka & sajikan dengan nasi putih hangat. Nyaaam….

– MOM’S VERSION (tanpa presto) –
Yang ini resep aslinya Ibu. Bahan dan komposisi sausnya sama, cuman caranya rada beda dikit & ofkors tulangnya gabisa empuk. Simak yah!
Cara:
Lumuri ikan dengan air jeruk & garam, diamkan 15 menit di kulkas lalu bilas & tiriskan. Goreng setengah matang, sisihkan.
Saus:
– Sama persis dengan resep diatas –
Penyelesaian:
Tuang blenderan saus ke dalam panci (jangan wajan ya), masukin ikan goreng & tambah air lagi sebanyak 100 ml. Masak dengan api kecil sampe kuah menyusut & mengental. Masukin margarin & aduk sampe leleh, angkat.
Taburi bawang merah+putih goreng, sajikan segera.

**Tips:
Kalo gaada ikan yang segar, pake ikan pindang juga gpp. Pilih yang masih baru (mengkilap & juicy), buang kepala & isi perutnya biar ga amis & kotor.

8 Tanggapan to “Homemade sarden”

  1. umi rina said

    ehhmmm…kebayang sedapnya dech… Anakku suka bangett nich sama sarden ikan, nanti aku contek dech resepnya, makasih ya…:)

  2. elita said

    wah, mamahku sering masak ikan sarden sprt ini. Rasanya….enyak2.
    kadang ikan sarden pake kuah sih, jd namanya gulai ikan sarden.
    sayangnya sampe skrg blum prnh bljr masak nih aku-nya😦
    ups, jd kangen masakan mamahku deh…secara udah 3 tahun sekolah beda kota dr mamahku… hiks…hikss…

  3. UchiE said

    Mmmmm…. Yummy…. Apalagi Ci emang pecinta sarden, Mbak.. He he.. Makasih ya resepnya.. ^-^

  4. Ummurifqi said

    @umirina : sedaap….saya juga pecinta sarden….
    @elita : ayo dong dicobain🙂 makasih atas kunjungannya
    @uchie : sama dong….

  5. titi m said

    jadi punya ide nich,, ntar mau masak ini ach….. wenak tenan.

  6. Em said

    menggairahkan..🙂

  7. sayasa said

    mau nanya, kira2 resep ikan ini untuk berapa porsi yah ?
    mksih🙂

  8. mcsapi7 said

    trimakasih resepnya, tadi barusan saya coba bikin yg “MOM’S VERSION”
    rasanya mantap..!!! serasa sarden kaleng.. tp lebih sehat tentunya, karena tanpa pengawet & msg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: